3 Jenis Penyakit Kulit Kepala, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Jenis penyakit kulit kepala, penyebab, gejala serta cara mengatasi – Mengenal macam macam penyakit kulit kepala seperti ketombe, bersisik / berkerak. Dalam tulisan ini apa saja penyakit kulit yang sering menyerang pada bagian kepala rambut mulai dari penyebab gejala dan bagaimana cara mengatasinya.

Memang banyak sekali penyakit kulit yang ada, bisa karena disebabkan oleh virus, bakteri, parasit bahkan jamur. Salah satu penyakit yang sering menyerang kulit kepala pada manusia maupun hewan. Dibawah yakni terdapat jenis penyakit kulit kepala sebagai berikut.

Jenis Penyakit Kulit Kepala

1. Psoriasis kulit kepala

Psoriasis kulit (psoriasis sclap) yakni salah satu macam penyakit kulit kepala seperti ketombe, bersisik / berkerak. Penyebab psoriasis belum diketahui dengan pasti. Namun banyak menduga psoriasis disebabkan autoimun, dimana sistem imun tersebut berbalik menyerang sel kulit sehat, faktor genetik, serta lingkungan. Faktor pemicu posrisis dapat disebabkan karena konsumsi Alk0hol, terbakar sinar UV, tergigit serangga, infeksi pada tenggorokan, obat tertentu.

Gejala psoriasis kulit kepala yakni dapat di tandai andanya ruam, bersisik tebal, terasa gatal-gatal, sebagian kulit terlihat mengelupas / berguguran seperti ketombe.

Cara mengatasi psoriasis yakni dengan berkonsultasi pada dokter specialis, umumnya dokter akan memberikan berupa salep / krim yang dikombinasikan dengan shampo. Apabila terlalu parah maka pemberian obat oral mungkin diperlukan.

2. Dermatitis Seborrheic (seboroik)

Dermatitis seborrheic (seboroik) yakni salah satu yang sering menyerang pada kulit kepala. Penyakit dermatitis seboroik dapat menyerang siapa saja baik bayi, anak-anak ataupun remaja. Jamur penyebab dermatitis seboroik yakni malassezia. Faktor penyebab belum mengetahui secara pasti, akan tetapi banyak di duga karena pengaruh cuaca, sistem imun lemah, ataupun sering mengaruk-garuk kulit.

Gejala dermatitis seborrheic yakni dapat ditandai kulit memerah, terasa gatal atau sensasi terbakar, kulit bersisik / berkerak berwarna kuning atau putih, mengelupasnya kulit seperti ketombe, berminyak.

Cara mengatasi dermatitis seborrheic yakni dengan memakai krim atau shampo khusus yang dapat anda temukan di apotik. Namun anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter agar dalam perawatan lebih tepat.

3. Tinea Capitis

Tinea capitis yakni salah satu jenis penyakit sering menyerang kulit kepala. Penyakit ini yang dapat menyerang pada manusia ataupun hewan. Jamur penyebab tinea capitis yakni Trichophyton / Microsporum. Umumnya tinea capitis menyerang pada pusar kulit kepala. Penyakit ini dapat menular pada bagian lain sehingga meninggalkan bekas.

Gejala tinea capitis yakni ditandai rambut rontok, kulit meradang, berkerak / bersisik, terasa sakit dan terlihat seperti ketombe yang dapat menyebabkan botak permanen.

Cara mengatasi tinea capitis yakni dapat melakukan konsultasi pada dokter, sehingga dokter memberikan obat berupa krim atau shampo khusus agar penanganan lebih tepat. Karena mengatasi ini tentu diperlukan perawatan secara teratur serta cepat.

Jenis penyakit kulit kepala, penyebab, gejala serta cara mengatasi yang belum banyak yang mengetahuinya.

Related Posts

3 Jenis Penyakit Kulit Kepala, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...