13 Jenis Penyakit Kulit Akibat Virus, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi

loading...
loading...
Jenis penyakit kulit akibat virus, penyebab, gejala serta cara mengatasi – Apa saja si macam jenis penyakit kulit disebabkan oleh karena virus, penyebab, gejala dan cara mengatasi. Banyak menjadi penyebab gangguan penyakit kulit seperti karena bakteri, parasit, jamur dan yang sudah dibahas dalam kesempatan ini yakni virus. Virus hanya mampu bereproduksi dalam material hidup melalui cara memanfaatkan sel mahkhul hidup maupun mengivasi. Karena virus tidak memiliki perlengkapan selular dalam bereproduksi sendiri.

Istilah virus umumnya merujuk pada partikel-partike yang menginfeksi sel eukariota. virus tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya dengan bebas, karena karakteristik khasnya selalu terasosiai dengan penyakit tertentu baik pada manusia maupun hewan.

Jenis Penyakit Kulit Akibat Virus

Terdapat macam jenis penyakit kulit disebabkan oleh virus diantaranya :

1. Herpes Zoster

pixel.nymag com

Herpes zoster yakni salah satu jenis penyakit kulit karena virus. Virus penyebab herpes yakni varricella zoster. Faktor penyebab herpes dapat dikarena faktor usia, penyakit kulit lain, stres, manula, sistem imun menurun.

Gejala herpes zoster dapat ditandai terasa nyeri, demam, sakit kepala, mengigil, nyeri otot, sakit perut.

Cara mengatasi herpes zoster :

1. Teh Hijau

Caranya mengopres air hangat sudah dicelupkan teh hijau kebagian terkena herpes.

2. Daun Dewa Merah

Caranya menyiapkan 10 gram daun dewa merah, 7 gram umbi. Kemudian rembus 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, sesudah itu saring lalu minum 2 kali sehari takaran ½ gelas.

3. Krim Propolis

Krim propolis berfungsi mengurangi luka akibat herpes.

Cara mencegah penyakit kulit herpes dapat dilakukan dengan vaksin herpes zoster. Selain itu pencegahan penularan herpes dilakukan dengan :

Tidak meminjam barang penderita, tidak menggaruk, memperbanyak buah sayuran, tidak menggosok, senantiasa menjaga kebersihan.

2. Cacar Air (varicella)

s-media-cache-ak0.pinimg com

Cacar air (varicella) yakni penyakit kulit akibat virus. Virus penyebab cacar air yakni varicella zoster. Faktor resiko penyebab cacar air karena tidak melakukan vaksinasi sejak dini dan sistem imun lemah.

Gejala cacar air ditandai mengalami sakit kepala, tidak selera makan, mual, demam tinggi selam 1 - 2 hari. timbul bintil-bintil berisi cairan, terasa gatal. Apabila pecah maka akan berubah menjadi koreng.

Cara mengatasi cacar yakni dengan berkonsultasi pada dokter sepeciali agar memberikan informasi lebih jelas dan tepat, sehingga penanganan lebih cepat.

Cara mencegah cacar air yakni dengan melakukan vaksinasi, tidak kontak langsung dengan penderita karena cacar air sangat mudah menular.

3. Molluskum Contagiosum
doctorv ca
Molluskum contagiosum yakni salah satu jenis penyakit kulit akibat virus. Virus penyebab moluskum yakni pox virus.virus ini dapat menimbulkan lesi pada kulit. Penyakit moluskum sering menyerang pada anak-anak namun semua orang juga dapat terkena penyakit kulit ini.

Gejala molluskum contagiosum dapat ditandai terdapat :

1. Benjolan tersebut tidak terasa nyeri ataupun sakit.

2. pada benjolan tersebut di tengah terdapat lekukan kecil yang berisi pasta berwarna putih.
3. Benjolan tersebut mampu tumbuh mencapai 3-4 cm.

Penyakit kulit ini dapat tumbuh dimana saja seperti pada tangan, lengan, wajah, leher, ketiak, sekitar alat keIamin dan lainya.

Cara mencegah molluskum contagiosum yakni selalu menjaga sistem kekebalan, menjaga kebersihan, hindari kontak dengan penderita, sebab moluskum dapat menular.

4. Kutil (Veruka Vulgaris)

static.memrise com

Kutil (veruka vulgaris) yakni jenis penyakit kulit akibat virus. Virus penyebab kutil yakni human papillomavirus (HPV). Faktor resiko terkena kutil yakni tidak menjaga kebersihan atau dapat melalui penularan penderita. Penyakit kutil tidak perlu di khawatirkan, selain itu rasa sakit akan hilang sendiri seiring pertumbuhan kulit. Tetapi bagi penderita memiliki kutil tentu akan merasakan malu.

Cara mengatasi kutil yakni membungkus bagian terinfeksi memakai perban, hal ini untuk mencegah penularan. Dalam beberapa kasus kutil mampu hilang secara sendirinya.
Cara mencegah kutil (veruka vulgaris) yakni senantiasa selalu menjaga kebersihan, tidak melakukan sensual bebas, menjaga sistem imun.

5. Variola
s-media-cache-ak0.pinimg com
Variola yakni salah satu jenis penyakit kulit disebabkan oleh virus. Virus penyebab yakni pox variolae virus. Gejala variola dalam stadium prodomal dapat ditandai demam, muntah, nyeri kepala, nyeri tulang, nyeri sendi, suhu tubuh meningkat dan mengigil 3-4 hari.

Dalam stadium macula popuar di tandai timbul papul-papul pada permukaan kulit eritem, suhu tubuh menurun dan peredileksi timbul telapak tangan maupun wajah, lesi tersebut dalam 5-10 hari berubah menjadi vesikel.

Dalam stadium vesikulo pustulsa ditandai resolusi suhu tubuh menurun kembali, lesi berubah jadi krusta-krusta dan timbul sikatrik-sikatrik atropi.

Cara mengatasi variola yakni dengan melakukan karantina, hal ini bertujuan untuk mencegah penularan. Selain itu obat anti viral seperti asliklovir. Namun lebih baik konsultasikan dengan dokter specialis, karena penyakit kulit ini berbahaya bagi penderita.

6. Campak (Rubeola)

turdalive ro

Campak (rubeola) yakni jenis penyakit kulit disebabkan oleh virus. Virus penyebab campak golongan paramixovirus. Campak dapat menular melalui terhirup dari percikan ludah penderita.

Gejala campak dapat ditandai panas tubuh, batuk, mata merah, demam, pilek dan timbul bercak kulit, mata sensitif terhadap cahaya, umumnya bercak merah kecoklatan akan tumbuh sesudah beberapa hari.

Cara mencegah campak yakni dapat melakukan vaksin MMR diberikan dua kali, pertama akan diberikan saat bayi usia 15 bulan, kedua diberikan anak sesudah usia 5 tahun.

7. Roseola
fastchickenpoxcure com
Roseola yakni jenis penyakit disebabkan oleh infeksi virus. Gejala roseola dapat ditandai timbul demam tinggi 38-40o C, muncul bercak bercak kecil mampu tumbuh pada bagian lengan, wajah, punggung maupun kaki. Bercak dapat berbentuk seperti bungan mawar, terasa lemas dan selera makan menurun.

Cara mengatasi penyakit reseola yakni dengan berkonsultasi dengan dokter sehingga dalam penanganan lebih cepat dan tepat.

8. Dermatomyositis

onlinedermclinic com
Dermatomyositis yakni peradangan ditandai lemahnya otot serta ruam. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak maupun sudah berumuran. Penyebab diduga dari virus maupun reaksi dari autoimun.

9. Acrodermatitis Enteropati

dermaamin com

Acrodermatitis enteropati yakni suatu peradaan pada kulit terdapat pada ektremitas. Virus penyebab acordermatitis banyak sekali, namun sering dikaitkan dengan Enterovirus, Coxsackie virus, virus Syncytal,  Parainfluensa virus dan lainya.

10. Penyakit Kulit  / AIDS

2.bp.blogspot com

HIV / AIDS yakni jenis penyakit kulit menular, yang dapat mengancam nyawa penderita. Virus ini mampu merusak sistem imum sehingga mudah terserang berbagai penyakit lainnya. Faktor penyebab HIV / AIDS yakni melakukan hubungan tidak sehat, pemakian jarum tidak steril, transfusi darah pada penderita, bahkan bisa transmisi ibu pada anak.

11. Penyakit Kulit Mata Ikan (clavus)

weeklyhealthylife com

Mata ikan (clavus) yakni jenis penyakit karena virus. Dimana penyakit dapat tumbuh di jari, tengan, kaki dll. Virus penyebab mata ikan human papilomavirus (HPV). Faktok resiko terkena yakni terjadi gesekan menerus didaerah tersebut.

12. Epidermodysplasia Verruciformis

media.gizmodo.co uk

Epidermodysplasia yakni salah satu jenis penyakit kulit aneh disebabkan oleh virus. Penderita mengalami kulit mengeras layaknya seperti manusia pohon. Virus penyebab yakni HPV.

13. Eritema Infektiosum (Fifth Disease)

gregorygordonmd com

Eritem infektiosum (fifth disease) yakni salah satu jenis penyakit kulit akibat virus. Gejala dapat ditandai demam, pilek,keluar ruam pada. Virus penyebab fifth disease yakni parvovirus B19.

Jenis penyakit kulit akibat virus, penyebab, gejala serta cara mengatasi yang belum banyak menyadarinya.

Related Posts

13 Jenis Penyakit Kulit Akibat Virus, Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasi
4/ 5
Oleh
loading...